Kapan Pemeriksaan USG Harus Dilakukan? Cek Jadwalnya di Sini!

Kapan Pemeriksaan USG Harus Dilakukan? Cek Jadwalnya di Sini!

Sebagian besar ibu hamil dapat menekuni pemindaian ultrasound scan atau USG sepanjang kehamilan mereka.

USG adalah cara mengamati perkembangan janin tanpa pakai sinar-X yang berpotensi bahaya. Selama pemindaian, gelombang suara frekuensi tinggi digunakan untuk membuat gambar bergerak janin yang tengah berkembang. Mama pun bisa melihatnya pada monitor.

Kapan Mama harus jalankan USG sepanjang era kehamilan? Di bawah ini Popmama.com mengupas sejumlah Info untuk Mama berkenaan jadwal USG kala hamil.

Manfaat USG Kehamilan
Manfaat USG Kehamilan
Pixabay/medical prudens
USG mempunyai sebagian fungsi seperti: supaya anak dan ibu sehat

Mengonfirmasi kehamilan
Melihat apakah tersedia lebih berasal dari satu janin atau kehamilan kembar
Menetapkan hari perkiraan lahir
Mengetahui apakah terjadi kehamilan ektopik
Menilai risiko janin yang terkena kelainan kromosom tertentu
Mengamati perkembangan fisik janin untuk sadar apakah pertumbuhannya udah sesuai
Memeriksa kuantitas cairan ketuban di sekitar janin didalam rahim
Menentukan posisi plasenta
Memeriksa posisi janin sebelum akan melahirkan
Meski juga pemeriksaan yang dianjurkan dan bisa digunakan untuk menegaskan kesehatan sang Janin, sebaiknya USG tidak terlalu sering dilakukan. Alat USG disebut bisa menghantarkan panas. Meski belum tersedia penelitian yang menyebut perihal selanjutnya berbahaya, sebaiknya Mama mengantisipasinya.

Patut Dicoba, 5 Tips Meningkatkan Nafsu Makan kala Hamil Muda klinik usg di bekasi
500 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Pemimpin Inisial A-Z
Apakah Vitamin Prenatal Boleh Diminum Meski Sedang Tidak Hamil?

1. USG trimester pertama
USG dilakukan di trimester pertama untuk memilih wilayah perkembangan janin, berapa banyak kehamilan, dan umur kehamilan. Selain itu, juga bisa mendeteksi kasus sepanjang kehamilan, juga nyeri atau keluhan yang tak normal seperti perdarahan tak wajar, pusing hebat, atau kram.

USG di trimester pertama juga mutlak untuk sadar apakah terjadi kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan) atau kehamilan anggur (mola hidatidosa).

Mama juga bisa memandang perkembangan janin dan jalankan screening pertama kelainan janin, dengan memandang ketebalan leher janin dan memandang tulang hidung cara membaca hasil usg .

2. USG trimester kedua
USG di trimester ke dua dilakukan untuk mendeteksi kelainan-kelainan pada otak, jantung, hati, ginjal, kantung kemih, dan usus.

Pada USG ini, Mama bisa memandang kuantitas jari tangan dan kaki, dan juga kelamin juga udah bisa ditentukan dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi. Yuk, kalkulasi jari si Kecil pada pemeriksaan ini.

3. USG trimester ketiga
Pixabay/medical prudens
Tafsiran berat janin pada umur kehamilan ini merupakan patokan, dikarenakan berat janin yang terlalu berlebih atau kekurangan banyak terlihat pada umur kehamilan di atas 30 minggu.

Bentuk wajah janin udah terbentuk sempurna, air ketuban masih banyak, ukuran janin masih kecil relatif pada ukuran rahim, agar umur kehamilan ini merupakan kala yang terlalu pas untuk pemeriksaan usg 4 dimensi. Selain lebih jelas, sebagian kasus seperti bibir sumbing juga bisa terlihat di sini.

USG paling akhir dilakukan pada umur kehamilan 36-37 minggu. Pada umur kehamilan ini janin udah bertumbuh cukup besar, agar udah tidak bisa berputar. Karena itu dokter bisa memandang posisi kepala janin dan juga wilayah plasenta.

Berat janin juga diukur untuk ditentukan besar atau tidak dibandingkan dengan benchmark berat janin yang dilakukan pada umur kehamilan 26-30 minggu.

Janin dikehendaki lahir pada umur kehamilan 38-40 minggu. Apabila masih belum lahir pada umur 40 minggu, maka sebaiknya dilakukan USG untuk memeriksa keadaan janin, memandang pengapuran pada plasenta, kuantitas air ketuban, dan aliran darah pada tali pusat. Apabila janin bermasalah, dokter barangkali dapat segera mengeluarkannya dengan cara induksi atau operasi caesar, Ma.

Pemindaian ultrasound atau USG mutlak untuk dilakukan sepanjang era kehamilan. Jadi, pastikan Mama mencukupi jadwal USG kala hamil yang disebutkan di atas, ya.

Leave a Reply