Mengembangkan Taktik dan Diplomasi

Mengembangkan Taktik dan Diplomasi

Intinya, kebijaksanaan dan diplomasi adalah keterampilan peka terhadap perasaan dan pendapat orang lain. Mereka yang memilikinya dalam jumlah besar secara alami mampu merasakan apa yang sebenarnya terjadi di benak orang lain, dan kemudian merespons dengan kelembutan perasaan tertentu yang memengaruhi banyak orang dengan sangat baik. Sisi negatifnya adalah terlalu banyak kebijaksanaan dan diplomasi dapat mengganggu daripada mempengaruhi orang lain.

Apa itu diplomasi? Taktik dan diplomasi adalah salah satu dari empat dimensi pengaruh yang kami identifikasi saat membuat Influence and Political Styles Quotient (IPQ) beberapa tahun yang lalu. Masing-masing penting untuk mempengaruhi kemampuan secara keseluruhan. Saat kami menggunakan IPQ untuk melatih individu agar menjadi lebih efektif, kami bertujuan untuk membantu mereka agar mampu menyeimbangkan dimensi dan melenturkan gaya mereka sesuai dengan situasi. Keputusan yang Anda buat tentang tingkat kebijaksanaan dan diplomasi yang akan digunakan harus didasarkan pada orang yang ingin Anda pengaruhi. Kemampuan Anda untuk merespons sesuai tidak hanya membutuhkan kesadaran, tetapi juga keterampilan untuk dapat menyesuaikan perilaku Anda.

Taktik dan Diplomasi Tingkat Tinggi

Orang dalam kategori ini biasanya sopan dan santun. Mereka memilih kata-kata mereka dengan hati-hati agar tidak membuat orang lain kesal. Mendengarkan adalah kompetensi utama dan mereka mencatat dengan cermat apa yang orang maksudkan serta apa yang mereka katakan. Apa yang mungkin kurang dari mereka adalah kemampuan untuk mengambil risiko mengecewakan orang. Mereka cenderung ke arah komunikasi yang halus daripada langsung dan langsung ke intinya. Jika Anda pikir Anda akan mendapat skor tinggi dalam kebijaksanaan dan diplomasi, pertimbangkan saran berikut untuk mengembangkan fleksibilitas yang lebih besar

Belajarlah untuk menolak permohonan pribadi – cari fakta, bukti, dan alasan
Berlatihlah menjadi lebih langsung dalam komunikasi Anda – adalah mungkin untuk menjadi sensitif dan langsung!
Biasakan diri dengan gagasan bahwa terkadang Anda harus kejam untuk bersikap baik
Belajar untuk berbagi pendapat Anda sendiri dengan lebih proaktif
Coba tebak tingkat kebijaksanaan dan diplomasi yang dimiliki orang lain
Mulailah menggunakan ide-ide ini dalam situasi berisiko rendah – mungkin akan sedikit mengejutkan teman Anda!
Tingkat Taktik dan Diplomasi Rendah

Hal hebat tentang tingkat kebijaksanaan dan diplomasi yang rendah adalah bahwa orang-orang ini umumnya bergerak cepat, tidak menghindar untuk mengatakan apa yang mereka pikirkan dan sering menyelesaikan tugas dengan sedikit perlawanan. Namun jika skor mereka ekstrim pada dimensi ini, mereka mungkin memiliki reputasi sebagai orang yang blak-blakan atau bahkan kasar dan agresif. Ini sering kali dapat menyelesaikan pekerjaan, terutama dengan orang-orang yang memiliki kecenderungan serupa. Orang lain mungkin menganggap pendekatan ini sangat menakutkan dan meskipun mereka mungkin masih mematuhinya, biaya emosionalnya bisa tinggi. Jika Anda pikir Anda mungkin mendapat nilai rendah dalam dimensi kebijaksanaan dan diplomasi IPQ, pertimbangkan saran berikut …

Mulailah mempertimbangkan perasaan orang lain dengan lebih aktif
Pelajari lebih lanjut tentang kecerdasan emosional
Tumbuhkan minat pada pandangan dan opini orang lain
Cobalah menahan pendapat Anda sendiri sampai Anda memahami orang lain
Identifikasi orang-orang di sekitar Anda yang memiliki kebijaksanaan dan diplomasi tinggi – merekalah yang perlu Anda ajak berlatih!
Salah satu elemen terpenting dalam keterampilan mempengaruhi adalah mampu mendiagnosis preferensi orang lain pada setiap dimensi dalam IPQ. Kesadaran yang lebih besar tentang preferensi alami Anda sendiri akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pemahaman tentang perilaku yang perlu Anda gunakan untuk memengaruhi secara efektif. Dengan beberapa, kebijaksanaan dan diplomasi yang tinggi akan bekerja paling baik. Orang lain mungkin membutuhkan pendekatan yang jauh lebih langsung. Keberhasilan Anda bergantung pada penerapan perilaku paling efektif dalam situasi apa pun.

Leave a Reply