Merawat Mata Anda Saat Menggunakan Komputer

Merawat Mata Anda Saat Menggunakan Komputer

Saat ini, sebagian besar pekerja kantoran dan banyak tenaga kerja lainnya perlu menggunakan komputer untuk bekerja. Harus bekerja dengan komputer selama berjam-jam, hari demi hari, dapat menyebabkan mata tegang atau cedera. Seiring waktu, penglihatan menjadi terganggu, sakit mata mungkin terasa dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cahaya yang berbeda juga dapat berkurang. Maka dari itu, untuk melindungi mata Anda dari gejala-gejala tersebut, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti dengan mudah untuk perawatan mata Anda lindungi mata dari radiasi sendiri.

1. Biarkan mata Anda istirahat sesekali: Biarkan mata Anda istirahat. Lebih baik meninggalkan tempat duduk Anda dan menemukan target yang jauh untuk dilihat selama sekitar 10 detik sampai penglihatan Anda menjadi fokus tanpa batas dan mata Anda menjadi rileks.

2. Gerakkan mata Anda : Jika Anda harus duduk di depan komputer selama berjam-jam dan tidak sempat meninggalkan tempat duduk, Anda dapat melakukan beberapa latihan gerakan mata sebagai berikut:
• Gerakkan mata Anda searah jarum jam.
• Gerakkan mata Anda dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah. Ulangi masing-masing 3 kali untuk merilekskan mata Anda.

3. Mata berkedip: Mengedipkan mata berarti mengeluarkan air mata, menjaga agar mata tetap basah. Ini lebih penting jika Anda memakai lensa kontak. Banyak orang terlalu berkonsentrasi pada pekerjaan mereka, jarang klinik mata jakarta berkedip. Ini menyebabkan mata menjadi lebih kering.

4. Pernapasan: Nafas teratur membantu memperlancar aliran darah. Karena terlalu banyak fokus menatap layar komputer, napas Anda bisa melambat atau menjadi dangkal. Oleh karena itu, ingatkan diri Anda untuk bernapas secara teratur dan penuh untuk relaksasi.

5. Pertahankan postur komputer yang benar: Letakkan komputer Anda di atas meja yang rendah, atau gunakan komputer portabel agar mata Anda melihat ke bawah saat Anda bekerja. Melihat ke bawah berarti lebih banyak permukaan mata yang tertutup oleh kelopak mata, dan dua hal lain terjadi: mata secara tidak sadar berkedip lebih banyak, dan menghasilkan lebih banyak lubrikasi.

6. Menyesuaikan jarak layar Anda: Jarak antara mata Anda dan layar harus dari 50 hingga 70 cm dan 10 hingga 20 cm lebih rendah dari penglihatan Anda. Karena sudut dan jarak dapat mengurangi pembiasan dan mengurangi kelelahan pada mata Anda.

7. Cahaya yang sesuai: Cahaya sekitar di tempat Anda bekerja harus memiliki penerangan sedang yang berguna untuk mata Anda. Ingatlah bahwa layar komputer sudah menghasilkan cahayanya sendiri yang cukup untuk Anda lihat. Jika Anda bekerja di kantor dengan lampu elektro-optik konvensional, Anda mungkin ingin menggunakan lampu meja kecil lainnya saat menggunakan komputer Anda.

8. Batas keausan lensa kontak: Jika Anda adalah pengguna lensa kontak dan mata Anda hanya mengeluarkan sedikit air mata dan mudah kering, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memakai kacamata biasa daripada lensa kontak. Orang yang menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama harus mempertimbangkan pemeriksaan penglihatan mata secara teratur (misalnya 6 bulan) dengan ahli kacamata.

9. Food for sight (DHA): Beberapa jenis ikan laut mengandung DHA yang baik untuk retina mata serta mencegah cedera mata dan katarak. Sumber terbaik termasuk salmon, trout, sarden, herring, dan arang Arktik. Sayuran bijaksana; wortel, jeruk nipis dan sayuran hijau juga direkomendasikan untuk mata. Biji mengandung antioksidan yang dapat mengurangi degenerasi mata dan dapat membantu menjaga atau meningkatkan penglihatan.

10. Buah dan sayuran penutup mata (Vitamin A): Makanan tertentu dengan Vitamin A dapat membantu kesehatan mata Anda. Ini termasuk buah-buahan tertentu (misalnya mangga, tomat, dan semangka), sayuran (misalnya wortel, labu, dan ubi jalar), sereal, ikan, dan telur. Minum banyak air juga membantu mengurangi kekeringan mata karena air dapat membantu hidrasi.

Leave a Reply